Rekomendasi terbaik Kambing Domba Gibas Kurban dan Aqiqah Jember

Cara Benar Menyembelih Domba Qurban

Artikel terkait : Cara Benar Menyembelih Domba Qurban

Domba.co.id-Diperlukan pengetahuan Cara Benar Menyembelih Domba Qurban sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW agar hewan sembelihan sesuai dengan Syariat Islam. Simak panduan lengkapnya di sini

Menyembelih Domba Qurban


Pada Hari Raya Idul Adha, umat islam disunnahkan melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Bagi yang berniat untuk berkurban tentu saja akan mencari domba qurban baik itu melalui peternak domba ataupun beli di pasar.
Setelah anda membeli Hewan kurban sesuai Syarat Sah Domba / Hewan Kurban Dalam Islam, kini saatnya menyembelih Domba Qurban. Untuk melaksanakan hal ini biasanya di pasrahkan kepada tukang jagal hewan. Namun, sebagai pemilik ada baiknya anda juga wajib mengetahui Cara Benar Menyembelih Domba Qurban.

Cara Benar Menyembelih Domba Qurban

Cara Benar Menyembelih Domba Qurban



Berbicara tentang berqurban, ada tahapan-tahapan yang harus dipahami agar ibadah qurban menjadi tidak sia-sia dan bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Kali ini, saya ingin membagikan kepada anda 7 tahapan cara benar menyembelih domba qurban.

Foto Domba Qurban

1. Domba qurban sehat dan tidak cacat


Domba qurban dikatakan sehat, secara langsung bisa dilihat dari kebersihan bulu dan muka hewan tersebut yang cerah. Hewan qurban haruslah tegap dan lincah. Hal tersebut, bisa dijadikan parameter bahwa hewan dalam keadaan baik dan tidak cacat.

2.Menyembelih domba qurban tidak boleh kasar


Menyembelih hewan qurban harus dilakukan dengan baik dan tidak boleh kasar. Apabila dilakukan dengan kasar, maka hal itu akan menyakiti hewan qurban tersebut.

3.Domba yang akan disembelih, tidak boleh melihat hewan yang sedang disembelih


Hewan qurban yang akan disembelih, tidak boleh melihat hewan qurban yang sedang disembelih, karena hewan qurban tersebut akan mengalami stres. Hewan juga punya perasaan dan emosi, sehingga kita sebagai manusia harus bisa menjaga emosi dan perasaan hewan dengan menyayanginya. Ini merupakan wujud akhlak baik dalam menyayangi sesama makhluk Allah.

4. Menyembelih hewan disunahkan menghadap kiblat


Hewan qurban disembelih menghadap kiblat, karena kiblat merupakan arah terbaik di setiap ibadah yang kita lakukan sebagai umat islam.

5. Penyembelihan hewan dilakukan di bagian leher dan harus memutus 3 saluran, namun tidak sampai memutus kepala


Menyembelih hewan qurban, tidak boleh sampai memutuskan kepala hewan. Hal ini, akan menyiksa hewan tersebut, sehingga pelakunya akan berdosa. Jika hewan telah benar-benar mati, maka dibolehkan memotong kepala hewan itu.

6. Meletakkan hewan yang telah disembelih di tempat yang bersih


Hewan qurban yang telah disembelih harus diletakkan di tempat yang bersih, karena darah dari hewan tersebut masih mengalir dan dikhawatirkan akan terinfeksi bakteri sehingga berbahaya jika dikonsumsi.

7. Beri jeda waktu 5-10 menit, sebelum proses pelepasan kulit dan pemotongan daging hewan


Memberikan waktu 5-10 menit agar hewan tersebut sudah benar-benar mati, sebelum dilakukan proses pelepasan kulit. Jika tidak diberikan jeda waktu, dikhawatirkan hewan tersebut masih hidup dan akan tersiksa bila langsung dilakukan proses pelepasan kulit.

Cara Benar Menyembelih Domba Qurban ini semoga bisa membantu anda dalam menyelenggarakan kurban tahun ini

Artikel Domba.co.id Lainnya :

Copyright © 2015 Domba.co.id | Design by Bamz