Rekomendasi terbaik Kambing Domba Gibas Kurban dan Aqiqah Jember

Cara Qurban yang Benar Sesuai Al-Qur'an

Artikel terkait : Cara Qurban yang Benar Sesuai Al-Qur'an

Domba.co.id - Cara Qurban yang Benar Sesuai Al-Qur'an. Berqurban merupakan tradisi dalam Islam yang lahir dari peristiwa antara Nabi Ibrahim dan putranya (Nabi Ismail). Tradisi ini dilakukan dimana seseorang melakukan qurban dengan hewan yang sudah ada dalam ketentuan. Ibadah qurban ini dilakukan pada hari raya qurban muapun hari-hari tasyrik pada tanggal 11, 12 dan 13 di bulan dzulhijjah. 

Cara Qurban yang benar

Cara Qurban yang Benar

Ibadah qurban ini hukum dasarnya ialah sunah muakkad bagi setiap muslim yang sudah sesuai dengan syarat, yaitu muslim, baligh, dan berakal, serta mampu untuk melakukan ibadah qurban ini. Ibadah qurban ini akan menjadi wajib apabila didasari dengan niatan nadzar.

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara qurban, sebaiknya ketahui terlebih dahulu seperti apa syarat yang harus ada pada hewan yang akan diqurbankan. Persayaratan ini tergantung pada jenis hewan yang akan diqurbankan. Ada beberapa jenis hewan yang dapat diqurbankan, yaitu unta, domba, sapi, kambing.

Seperti yang disebut di atas bahwa ada berbagai persyaratan yang harus dimiliki oleh hewan-hewan yang akan diqurbankan tersebut. Namun secara umum, hewan yang akan diqurbankan harus sehat atau tidak sakit, tidak cacat baik berupa buta maupun pincang, juga tidak kurus.



Cara Qurban yang Benar Sesuai Al-Qur'an

Cara Qurban yang Benar Sesuai Al-Qur'an

Sejauh ini, akan dibahas beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi dalam qurban.
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyembelih hewan qurban sesuai dengan ketetapan dalam Al-Qur'an.

Syarat orang yang menyembelih:

a. Muslim atau orang yang halal dinikahi oleh orang muslim
b. Bila hewannya tidak mudah dikendalikan dan disembelih (ghoiru maqdur), maka penyembelihannya dimakruhkan untuk dilakukan oleh orang buta, anak yang belum tamyiz dan orang yang sedang mabuk.

Ketika semua syarat terpenuhi, baik untuk hewan qurban maupun orang yang akan menyembelih, maka perhatikan hal di bawah ini:

Sebelum dilakukan proses penyembelihan, maka dahului dengan hal-hal berikut ini:

Membaca Basmalah
Sebelum menyembelih hewan qurban, maka penyembelih disunnahkan untuk membaca basamalah terlebih dahulu.

Membaca Shalawat kepada Nabi
Setelah membaca basmalah, maka disunnahkan pula untuk membaca shalat kepada Nabi Muhammad.

Menghadap ke Arah Kiblat
Sebelum menyembelih hewan qurban, maka perhatikan dengan benar bahwa baik orang yang menyembelih maupun hewan yang disembelih harus menghadap ke arah kiblat.

Membaca takbir 3 kali
Setelah membaca takbir sebanyak 3 kali. Hal ini dilakukan secara bersama-sama, baik penyembelih maupun orang-orang yang berada di sekitarnya.

Berdoa
Hal terakhir yang harus dilakukan sebelum dilakukan penyembelihan ialah berdoa agar qurbannya diterima oleh Allah. Yang berdoa ini cukup bagi orang yang menyembelih saja.

Rukun penyembelihan Qurban yang benar


Rukun penyembelihan yang sesuai dengan ketentuan dalam Al-Qur'an ialah ada 4, yaitu;

1. Dzabhu
Yang dimaksud dengan dzabu ini adalah suatu pekerjaan atau proses menyembelih.

2. Dzabih
Salah satu rukun dalam penyembelihan hewan qurban ini ialah adanya orang yang menyembelih yang disebut dengan dzabih.

3. Hewan yang disembelih
Rukun penyembelihan hewan qurban yang ketiga ialah adanya hewan yang akan disembelih, tentunya harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

4. Alat Menyembelih
Rukun yang ke empat ini ialah alat penyembelih. Alat yang digunakan disunnahkan untuk menggunakan alat yang benar-benar tajam.

Ada dua syarat pekerjaan yang perlu diperhatikan ketika melakukan penyembelihan hewan qurban, yaitu langsung kepada memotong jalan nafas yang disebut hulqum, juga memotong jalan makanan yang disebut dengan mari'. Demikianlah penjelasan lengkap Cara Qurban yang Benar Sesuai Al-Qur'an. semoga anda dapat tercerahkan oleh artikel ini


Artikel Domba.co.id Lainnya :

Copyright © 2015 Domba.co.id | Design by Bamz