Rekomendasi terbaik Kambing Domba Gibas Kurban dan Aqiqah Jember

Cara pembuatan kolam terpal dari awal

Artikel terkait : Cara pembuatan kolam terpal dari awal

Cara pembuatan kolam terpal dari awal buat pemula dan pembaca semua, sama-sama belajar dalam budidaya ikan, keunggulan kolam terpal ialah bisa di tempatkan di mana saja dan mudah di pindah, di bersihkan dll, dan waktu pembuatan nya pun hanya hitungan jam, jika di kerjakan sungguh-sungguh.

Cara pembuatan kolam terpal dari awal

Cara pembuatan kolam terpal dari awal

Kita contohkan pembuatan kolam terpal sederhana dengan Bahan bahan seperti di bawah:
  • Paku rank minimal 1kg, dan paku besar secukupnya saja, sekitar 50biji
  • Palu/alat pukul
  • gergaji
  • cangkul
  • alat buat potong-potong(arit,clurit) yang bisa buat membelah bambu
  • alat untuk membuang hasil galian tanah
  • kayu balok/bisa di ganti dengan bambu sebagai patok pojokan nanti
  • bambu 8 batang dengan panjang 10meteran

1. Tahap pertama adalah penggalian tanah beberapa CM


Tanah di gali sedikit bertujuan untuk membantu menahan beban kolam terpal dari beban yang terlalu berat, dan kolam terpal pun jadi awet, penggalian tidak harus dalam yang penting terpal sudah terlihat masuk ke tanah, misal tanah di gali 20cm sampai 40cm.


2. Tahap ke dua pembuatan kerangka kolam


Pembuatan kerangka kolam bisa menggunakan bambu atau kayu, untuk 4 tiang penyangga atau istilah jawa (Cagak), lebih bagus menggunakan kayu balok, kalau tidak ada ya pakai saja potongan bambu bulat, jangan di belah.
siapkan 4 batang kayu atau bambu yang di potong untuk tiang tadi, pasang dan tancapkan sesuai ukuran yang anda mau , terpal 4×6, kemudian potong bambu dengan panjang 6m dan 4m, lalu belah menjadi beberapa bagian, lihat contoh pada gambar di bawah.


3. Pemasangan terpal


pada tahap pemasangan terpal harus di lakukan hati-hati jangan sampai sobek,


untuk mempermudah pergantian air, lubangi terpal kira-kira sebesar jempol kaki atau pralon kecil, pasang pralon pada lubang tersebut dan lem, bisa juga dengan tali asal kenceng, lubang berguna untuk membuang air ketika kolam akan dibersihkan / di ganti air.

4. Pengisian pertama air pada kolam terpal




Pada Pengisian air pertama Cara pembuatan kolam terpal dari awal yang baru di buat ini tidak langsung di tebar benih, namun untuk mencuci terpal dahulu atau menyetabilkan air, pupuk bisa menggunakan sejenis obat dari toko, kalau saya lebih suka yang alami, seperti pupuk kandang dari ternak, misal kolam kita beri kulit kelapa muda, kolam di diamkan selama kurang lebih 3hari , baru bisa di tebar benih.

Semoga Cara pembuatan kolam terpal dari awal bisa membantu anda. Jika masih ragu tanyakan pada tetangga atau saudara anda agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan setelah benih di tebar.

Artikel Domba.co.id Lainnya :

Copyright © 2015 Domba.co.id | Design by Bamz